Awas ! Duduk Terlalu Lama Bisa Berakibat Penyakit Jantung

Awas ! Duduk Terlalu Lama Bisa Berakibat Penyakit Jantung
Majunya teknologi dizaman sekarang membuat ruang gerak semakin terbatas. Banyak orang bekerja hanya didepan komputer dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk.

Wakru dirumah juga habis dengan duduk dipean tv. Sangat sedikit aktivitas bergerak yang dilakukan stiap harinya. Tidak peduli resiko duduk terlalu lama yang mengakibatkan gangguan kesehatan.


Duduk terlalu lama juga akan membuat tubuh mengalami kelebihan troponin, semacam zat yang sangat berbahaya bagi jantung karena jika jumlahnya lebih dari normal, risiko terkena serangan jantung juga meningkat. Sebagai informasi, troponin adalah protein yang diproduksi oleh sel otot jantung saat kita merasa sakit dan kerap muncul saat serangan jantung muncul.

Dalam penelitian yang mengambil data dari Dallas Hearth Study yang ada di University of Texas Southwestern Medical Center, Amerika Serikat, diketahui bahwa 1.700 partisipan yang tidak memiliki gangguan pada organ jantungnya dilibatkan. Para partisipan ini dicek kondisi kardiak dan darahnya dan kemudian diminta untuk memasang peralatan khusus untuk mengetahui kebiasaan sehari-hrinya. Hasilnya adalah, para partisipan yang duduk sekitar 10 jam atau lebih dalam sehari cenderung memiliki jumlah troponin lebih banyak dari yang duduk kurang dari waktu tersebut. Memang, jumlah troponin ini tidak cukup untuk menandakan adanya serangan jantung, namun sudah cukup untuk memicu cedera jantung subklinis.
 
Faktor lain seperti usia, berat badan, dan gaya hidup juga bisa menjadi penyebab meningkatnya risiko terkena penyakit jantung. Namun, menurut pakar kesehatan, kebiasaan duduk terlalu lama memang sebaiknya tidak disepelekan karena dampaknya ternyata lebih berbahaya dari yang diperikirakan sebelumnya.

Berikut cara agar kita tidak duduk terlalu lama.

  • Lebih baik berdiri dikendaraan umum daripada duduk
  • Lebih baik berjalan kaki sampai ketujuan \
  • Lebih baik menggunakan tangga daripada lift untuk naik ke lantai atas

Semoga dengan artikel diatas kita bisa terhindar dari berbagai penyakit yang nenyerang tubuh kita.

0 Response to "Awas ! Duduk Terlalu Lama Bisa Berakibat Penyakit Jantung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel