Bahaya Minyak Kayu Putih Pada Bayi


Bahaya Minyak Kayu Putih Pada BayiMinyak kayu putih merupakan salah satu esens tumbuhan yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Minyak ini dipakai untuk berbagai kebutuhan. karena manfaatnya tersebut, Minyak kayu putih bahkan kerap dioleskan dikulit bayi. Terkait perilaku ini, Bagaimana efek samping dari penggunaan minyak kayu putih terus menerus pada kulit  bayi. 

Berikut Ulasannya :

1. Iritasi kulit

Kulit bayi sangat tipis sehingga mudah mengalami iritasi. Minyak kayu putih murni, jika digunakan terlalu sering dan banyak pada kulit bayi, berpotensi menimbulkan iritasi. Kulit yang iritasi akan menjadi kemerahan dan terasa gatal sehingga dapat membuat bayi merasa tidak nyaman. Jika digaruk akan menyebabkan kerusakan kulit hingga luka.

Atas dasar itu, agar minyak kayu putih tidak menyebabkan iritasi saat dioleskan ke kulit bayi, sebaiknya Anda mencampurnya dengan minyak kelapa. Hal ini bertujuan agar konsentrasi pada minyak kayu putih bisa sedikit berkurang, sehingga risiko terjadinya iritasi kulit bisa ditekan.

2. Mengganggu pernapasan

Salah satu kandungan dalam minyak kayu putih dapat memicu masalah pernapasan dan sistem saraf bayi. Kandungan tersebut bernama 1,8 Cinoele.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, kadar 1,8 Cinoele pada minyak kayu putih sangat bervariasi. Bahkan, ada minyak kayu putih yang tidak mengandung 1,8 Cinoele sama sekali. Kandungan 1,8 Cinoele itu sendiri sangat bergantung pada jenis tanaman kayu putih yang diolah menjadi minyak.
3. Iritasi mata

Minyak kayu putih juga dapat menyebabkan iritasi pada mata bayi, khususnya jika dioleskan pada bagian wajah. Itulah mengapa penggunaan minyak ini pada wajah bayi dan anak perlu dihindari.

Apabila minyak kayu putih terkena mata, segera cuci mata dengan air mengalir. Jangan ragu untuk berobat ke dokter untuk pemeriksaan dan pertolongan lebih lanjut.

Itu dia beberapa efek samping yang sangat mungkin akibat penggunaan minyak kayu putih pada bayi, diharapkan orang tua bisa lebih waspada dan memilih mana yang baik untuk sang buag hati.

0 Response to "Bahaya Minyak Kayu Putih Pada Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel